101 Trik Ampuh, Cara Agar Anak Cepat Bicara

sumber gambar: www.freepik.com

Apa kata pertama dari si kecil yang ingin Anda dengarkan? Memanggil ma-ma atau pa-pa? Wah alangkah baiknya kita mendengar kata dari mulut mungilnya, meski agak kurang jelas. Lalu, bagaimana caranya agar anak cepat bicara? Pada usia berapa dia bisa mengucapkan kata-kata pertamanya?

Biasanya di usia 5 bulan si kecil sudah mulai bisa mengucapkan kata-kata meski hanya satu atau dua kata Bu, tapi sekali lagi ya, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda dan tidak bisa disamakan. Di mana anak-anak yang mulai jalan dulu dan ada yang ngomong dulu, yuk coba pantau si kecil lagi, yang mana Mampaps dulu?

Mama papa harus tahu bahwa perkembangan bicara si kecil juga memiliki beberapa tahapan sesuai dengan usianya, seperti saat ia berusia 10 sampai 12 bulan ia hanya mampu mengingat dan memahami kosakata yang diucapkan orang, seperti jangan, ayo makan, mandi dan lain-lain. Sedangkan pada usia 1 hingga 3 tahun, si kecil sudah bisa mulai berbicara dan mengucapkan kalimat yang cukup panjang.

Bagaimana Membuat Anak Berbicara Cepat

Meski kemampuan bicara anak berbeda-beda, namun Mampaps harus tetap waspada jika sudah berusia 2 tahun, si kecil belum bisa mengucapkan sepatah kata pun! Namun, sebelum memasuki usia tersebut Mampaps dapat merangsang perkembangan kemampuan bicara si kecil dengan berbagai cara agar anak dapat berbicara dengan cepat, sebagai berikut:

Bernyanyi dan Menari Bersama

Sebuah cara bagi anak-anak untuk berbicara dengan cepat

Sumber gambar: www.freepik.com

Bernyanyi merupakan salah satu cara anak berbicara dengan cepat dan tepat. Mampaps, sejak awal si kecil lahir, kamu bisa bernyanyi sambil berpelukan atau menari bersama mengikuti irama lagu yang dibawakan bersamanya. Tanpa disadari, lirik lagu yang sering didengar akan mudah ditiru si kecil! Yuk, coba buktikan sekarang juga untuk si kecil.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak!

Membaca Buku Cerita

Sebuah cara bagi anak-anak untuk berbicara dengan cepat

Sumber gambar: youtube – Video IAHP

Membiasakan membacakan buku cerita untuk si kecil ternyata sangat efektif, loh Mampaps merangsang kemampuannya untuk cepat berbicara. Pasalnya, kata demi kata yang diucapkan Mampaps saat membacakan buku kepada si kecil bisa membuatnya mengenal kosakata atau memahami gambar yang dilihatnya. Mulai dari cerita spiritual, legenda atau cerita binatang, Mampaps bisa membacakan untuknya dengan ekspresi yang tepat dan menarik. Nah, tidak ada salahnya menyempatkan diri membacakan buku cerita untuk si kecil, bukan?

Baca:  Cara Menghilangkan Kebosanan Dalam Hubungan

Ajak si kecil untuk berbicara dan dengarkan dia berbicara

Sumber gambar: www.freepik.com

Cara anak berbicara cepat adalah Mampaps harus mengajaknya bicara, tinggal menunggu waktu di dalam kandungan. Dan ketika ia lahir, usahakan selalu untuk berbicara dengannya sejak lahir hingga si kecil mampu berbicara dengan baik. Nah, saat sudah bisa bicara, jangan lupa dengarkan apa yang dikatakan si kecil. Menghargai dan mengapresiasi ketika dia mampu melafalkan dan menggunakan kata-kata dengan baik.

Baca Juga: 11 Cara Merangsang & Melatih Anak Berjalan Cepat

Ulangi kata yang sama

Sumber gambar: youtube – TheWeibell

Mengulang adalah cara anak untuk cepat berbicara persis seperti yang bisa dilakukan Mampaps, serta menyanyi dan mengulang kata-kata saat beraktivitas sehari-hari seperti makan, minum, bermain atau mengungkapkan kasih sayang dapat melatih kemampuan si kecil berbicara. Semakin sering Mampaps mengatakannya, semakin baik dan mudah si kecil akan mengingat kosakatanya.

Temani Saat Menonton dan Bermain

Sumber gambar: pexels.com

TV, tablet, handphone dan perangkat elektronik lainnya memang menjadi salah satu cara untuk membuat si kecil tenang, tapi tahukah kamu Mampaps jika tidak ditemani dan membiarkannya menonton terlalu lama bisa berdampak buruk bagi perkembangan bahasa lho! Nah, salah satu cara agar anak lain cepat bicara adalah dengan selalu menemani si kecil menonton film atau bermain permainan favoritnya. Bunda bisa mengatakan hal-hal yang dilihat si kecil, misalnya, 'wow lumba-lumba berenang bersama nak' atau kata lain.

Baca Juga: 7 Cara Menidurkan Bayi Agar Anak Cepat Tidur!

Cara bagaimana cara membuat anak berbicara cepat yang dapat dilakukan Mampaps untuk melatih dan merangsang si kecil berbicara? Apapun caranya, yang penting dilakukan dengan cara yang mudah, tepat dan menyenangkan tentunya. Semoga bermanfaat.

Postingan 101 Trik Ampuh, Cara Membuat Anak Cepat Bicara muncul pertama kali di Mamapapa.id.