6 Cara Mengurangi Ketergantungan Kopi

Mengurangi kopi adalah hal yang sulit dilakukan, tidak semua orang berhasil. Bukannya Anda tidak bisa melakukannya sama sekali. Anda masih bisa menguranginya secara perlahan. Yuk, simak penjelasan cara mengurangi kopi.

Apa dampaknya jika kita kecanduan kopi?

Kopi memang telah menjadi kebutuhan semi dasar bagi sebagian besar masyarakat. Tidak ada yang salah dengan kopi, kecuali jika Anda memiliki ketergantungan yang besar pada kopi yang akan berdampak tidak sehat bagi tubuh. Kecanduan kopi bukanlah hal yang baik meski mengandung banyak zat bermanfaat.

Kopi pada dasarnya berperan melawan penyakit dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Namun akan didapat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Konsumsi kopi dalam dosis yang wajar akan berdampak baik bagi tubuh, antara lain dapat meningkatkan fokus dan produktivitas.

Namun, mengonsumsi kafein secara berlebihan akan menurunkan konsentrasi Anda dengan menyebabkan kegelisahan dan kecemasan, serta menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Konsumsi kafein yang tinggi dari kopi juga dapat memicu respon stres tubuh. Faktanya, kebiasaan minum kopi Anda dapat memengaruhi kualitas tidur Anda, sehingga Anda mungkin ingin beralih ke minuman alternatif lain. Cobalah beberapa cara berikut ini untuk mengurangi kopi.

Bagaimana Anda mengurangi kopi?

1. Kurangi secara bertahap

Tidak ada cara untuk mengurangi kopi dalam sekejap. Buatlah tujuan di mana Anda mengurangi kopi secara perlahan, misalnya, minum hanya 1 cangkir kopi sehari. Minggu berikutnya, seminggu hanya meminum 4 cangkir kopi. Dengan melakukan ini secara bertahap, Anda akan menemukan kebiasaan baru yang dapat menggantikan kecanduan kopi Anda. Anda juga bisa mendapatkan sumber kafein dengan mengonsumsi cokelat atau minum teh.

2. Temukan minuman lain yang lebih sehat

Kalaupun Anda mengonsumsi kopi decaf alias decaf, nyatanya masih ada kandungan kafein 2 hingga 25 mg per cangkir kopi. Cobalah untuk mencari pengganti minuman yang baik pada saat bersamaan. Anda mungkin ingin mencoba minuman hangat lain yang bebas kafein, seperti teh herbal atau bahkan air lemon hangat, yang baik untuk kesehatan Anda.

3. Ganti dengan air

Minum air jauh lebih bermanfaat daripada minum kopi. Air juga bisa digunakan sebagai cara detoksifikasi tubuh. Gerakan air minum juga sama dengan gerakan refleks memegang cangkir kopi.

4. Tidur dapat memenuhi kebutuhan energi Anda

Menurut National Sleep Foundation, kebanyakan orang tidak cukup tidur dan banyak yang mengatasinya dengan minum kafein dalam jumlah banyak, mengingat salah satu efek stimulan kopi adalah menghasilkan energi dalam tubuh. Anda perlu mencari energi dengan cara lain, pertama dan terpenting dengan tidur dan istirahat yang cukup. Beberapa cara lain adalah dengan tidur siang dan berolahraga secara teratur

5. Gantilah dengan minuman yang mengandung susu

Dengan meminum minuman hangat juga bisa menjadi terapi tubuh di pagi hari. Ubah kebiasaan minum kopi Anda dengan minuman hangat lainnya seperti cokelat hangat, teh herbal hangat, atau bahkan susu almond.

6. Buat diri Anda sibuk dengan aktivitas sehat

Lakukan yoga, meditasi, atau pijatan dengan tujuan merilekskan tubuh Anda. Aktivitas ini akan membantu Anda menggantikan tingkat konsentrasi dan energi yang Anda dapatkan dari kafein.

Postingan 6 Cara Mengurangi Kecanduan Kopi muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Setelah Minum Obat, Berapa Lama Kemudian Efeknya Dirasakan Tubuh?