Alice Norin Alami Placenta Previa Totalis Accreta, Ketahui Ma!

sumber: popmama.com

Beberapa hari lalu pemain sinetron dan bintang film, Alice Norin melahirkan anak keduanya. Kabar tersebut disampaikan oleh Alice di akun Instagram miliknya. Ia pun berbagi cerita tentang perjuangannya melahirkan anak kedua bernama Alana Naira Lawi. Dalam salah satu postingan di akun Instagram-nya, Alice membagikan bahwa di awal kehamilannya ia telah didiagnosis placenta previa totalis accreta yang mengharuskannya untuk terus berkonsultasi dengan spesialis.

Akan tetapi, di tengah perjalanan kehamilannya, Alice Norin harus menerima kondisi akreta yang juga terjadi pada kehamilannya. Ya, kata Alice Norin Placenta Previa Totalis Accreta Survivor. Padahal, karena kondisinya itu, ia harus kehilangan hingga 3 liter darah saat melahirkan. Sebelumnya, dokter ahli yang menangani Alice Norin juga sempat berpesan untuk bersiap menghadapi kemungkinan terburuk, yakni kondisi di mana rahim harus diangkat. Namun, dengan perjuangannya Alice Norin mampu mempertahankan rahimnya hingga lahir dengan selamat.

Sebenarnya apa adanya Plasenta Previa Totalis Accreta? Apa penyebabnya? Ayo belajar agar bisa mencegahnya sejak dini!

Baca Juga: 7 Pertanyaan Mengenai Persiapan Persalinan yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Plasenta Previa

Ada beberapa jenis kondisi Plasenta Previa, yaitu:

  • Plasenta Previa Totalis : Plasenta menutupi seluruh jalur hari bayi. Hal ini membuat bayi tidak bisa dilahirkan melalui vagina. Kondisi ini akan menyebabkan pendarahan yang sangat deras pada Mama.
  • Placenta Previa Partialis : Plasenta menutupi seluruh atau sebagian jalan lahir bayi. Hal ini menyebabkan si kecil tidak bisa lahir normal (pervaginam) karena ada resiko pendarahan yang sangat berat.
  • Placenta Previa Marginalis: Plasenta menutupi tepi dalam jalan lahir bayi. Jika mengalami kondisi ini, kemungkinan persalinan normal tetap bisa terjadi meski masih ada risiko pendarahan.
  • Plasenta Berbaring Rendah : Posisi plasenta yang rendah, yaitu hanya sekitar beberapa sentimeter atau bahkan milimeter dengan jalan lahir. Kondisi ini merupakan kondisi paling ringan dari plasenta previa. Meski begitu, dokter tetap harus waspada jika terjadi perdarahan yang terjadi saat melahirkan melalui vagina.

Apa itu Placenta Previa Totalis Accreta?

Sebelum mengetahui apa itu Plasenta Previa Totalis Accreta, yang perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang plasenta akreta. Plasenta akreta adalah kondisi ketika plasenta menempel terlalu dalam ke dinding rahim. Hal ini menyebabkan plasenta tidak keluar bersama bayi dan tetap menempel pada dinding rahim, baik sebagian maupun seluruhnya. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memicu pendarahan hebat setelah melahirkan.

Baca:  Badan Bergerak Sendiri, Hati-hati Alami Tourette Syndrome, Ma!

Lalu, bagaimana dengan Plasenta Previa Totalis Accreta? Kondisi ini terjadi ketika plasenta menutupi jalan lahir bayi sepenuhnya dan menempel di dinding rahim. Jika kondisi ini sudah terdiagnosis sejak awal kehamilan, biasanya persalinan akan dilakukan dengan operasi caesar. Tidak cukup sampai disitu saja, Mams akan disarankan untuk melakukan operasi pengangkatan rahim atau histerektomi.

Baca Juga: Waspadai Plasenta Previa, Cari Tahu Dulu!

Sebab Plasenta Previa Totalis Accreta

Diberitakan dari alodokter.com sejak lama bahwa penyebabnya Plasenta Previa dan Plasenta Accreta belum diketahui pasti. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya plasenta previa, seperti:

  • Merokok selagi ada, atau menyalahgunakan kokain
  • Usia 35 tahun ke atas
  • Kembar hamil
  • Bukan kehamilan pertama
  • Bentuk rahim tidak normal
  • Pernah mengalami keguguran
  • Posisi janin abnormal (sungsang atau menyilang)
  • Pernah mengalami plasenta previa
  • Pernah menjalani operasi rahim seperti kuretase, miom atau operasi caesar.

Sedangkan beberapa hal yang dapat memperbaiki kondisi plasenta akreta adalah:

  • Berusia di atas 35 tahun
  • Posisi plasenta di bagian bawah rahim (yang seharusnya berada di atas rahim)
  • Mengalami plasenta previa
  • Kondisi uterus abnormal (misalnya, ada miom).

Baca juga: Bahaya preeklamsia selama kehamilan bagi ibu dan bayi

Menghindari Plasenta Previa

Ada beberapa cara untuk mencegah hal ini terjadi plasenta previa saat hamil, termasuk:

  1. Membatasi aktivitas sehari-hari
  2. Konsumsi makanan bergizi
  3. Tidak berolahraga secara berlebihan
  4. Melakukan senam pernapasan secara teratur

Setiap ibu memiliki perjuangannya sendiri selama kehamilan, persalinan, dan merawat si kecil selama masa pertumbuhannya. Begitu juga dengan Alice Norin yang berhasil memperjuangkan bayinya untuk lahir ke dunia. Selamat datang, Alana!

Postingan Alice Norin Alami Plasenta Previa Totalis Accreta, Tahu Ma! muncul pertama kali di Mamapapa.id.