Keren! Usia Belum Genap 25 Tahun, Lebih Dari 1.000 Anak Muda Sudah Jadi Dosen

Keren! Usia Belum Genap 25 Tahun, Lebih Dari 1.000 Anak Muda Sudah Jadi Dosen
Ilustrasi dosen muda

Solopos.com, SOLO – Lebih dari 1.000 anak muda Indonesia menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi saat usianya belum genap 25 tahun. Meski jumlahnya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jumlah guru, jumlah dosen di Indonesia tidak terlalu tua.

Berdasarkan data orang dalam Buku Statistik Pendidikan Tinggi 2018 Dikatakan ada 227 tenaga pengajar di perguruan tinggi negeri (PTN) dan 1.158 dosen di perguruan tinggi swasta (PTS) yang berusia di bawah 25 tahun.

“Dosen yang berusia kurang atau sama dengan 25 tahun tersebar sebagian besar pada program studi di bidang Teknik [395 dosen] dan Pendidikan [345 dosen], "Seperti yang tertulis di Buku Statistik Pendidikan Tinggi 2018.

Bukan Hanya Orang! Inilah 4 Fakta Menarik tentang Suami Puan Maharani

Jumlah dosen muda di PTN memang relatif sedikit karena hanya berkisar 0,3% dari total dosen PTN yang mencapai 75.892 orang. Sedangkan di PTS jumlahnya sekitar 0,7% dari total 177.140 orang.

Meski begitu, mayoritas guru di Indonesia juga belum terlalu tua. Di PTN, sebagian besar berusia 35-45 tahun. Dalam kelompok ini terdapat 21.299 dosen. Sedangkan di perguruan tinggi swasta, mayoritas berada pada kelompok umur 25-35 tahun. Ada lebih dari 61.000 dosen PTS yang hanya berusia sekitar 25-35 tahun.

Distribusi Dosen Muda

Khusus di PTN, distribusi guru yang berusia di bawah 25 tahun tidak merata. Masih cukup banyak perguruan tinggi negeri di tanah air yang belum memiliki aset anak muda sebagai guru. Sedangkan kampus yang memiliki jumlah dosen berusia dibawah 25 tahun terbanyak adalah Institut Teknologi Sumatera sebanyak 23 orang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian PMK Muhadjir Effendy Menyebut Persepsi Masyarakat Terhadap UU Cipta Kerja Salah

Baca:  101 Trik Ampuh, Cara Agar Anak Cepat Bicara

Kemudian Universitas Negeri Malang sebanyak 18 orang, disusul Universitas Negeri Padang dan Universitas Lampung masing-masing 14 orang.

Bagaimana dengan PTN terkemuka? UGM Yogyakata memiliki 11 orang guru yang berusia di bawah 25 tahun. ITB tercatat memiliki 8 guru muda di kampus itu. Sedangkan Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga, dan IPB tidak memiliki guru yang berusia di bawah 25 tahun.

Pemerintah berupaya mendongkrak dosen muda di Indonesia. Keberadaan mereka akan menjadi angin segar dalam upaya memajukan pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satunya adalah Program Magang Dosen.

Program ini juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi disparitas kompetensi dosen dalam melaksanakan Tri Darma. Pada tahun 2018, terdapat 164 guru yang berusia di bawah 40 tahun selama empat bulan magang di delapan perguruan tinggi ternama di Tanah Air, seperti di ITB, IPB, Universitas Airlangga, dan UGM.

Siswa Melakukan Tugas Saat Demo Buat Hormat kepada Netizen

“Potensi dosen muda luar biasa. Mereka punya ide kreatif. Setelah kembali ke perguruan tinggi semula, ia bisa menjadi duta yang bersinar, berprestasi dan bisa membawa guru lain untuk berkembang.”

Posnya Luar Biasa! Belum Berusia 25 Tahun, Lebih dari 1.000 Anak Muda Menjadi Dosen muncul pertama kali di Solopos.com.