Tak Sembarangan, Ini Makanan MPASI yang Tidak Boleh Diberikan

Tak Sembarangan, Ini Makanan MPASI yang Tidak Boleh Diberikan

Fase pemberian MP-ASI merupakan momen yang sering ditunggu para ibu, apalagi jika si kecil merupakan anak pertama. Seperti halnya orang dewasa, bayi juga membutuhkan nutrisi yang baik. MPASI harus terbuat dari makanan bergizi. Namun, ternyata tidak semua makanan dan minuman bergizi bisa dijadikan makanan pendamping, lho Bunda. Ada beberapa makanan pendamping yang sebaiknya tidak diberikan kepada si kecil karena alasan tertentu. Untuk mengetahui selengkapnya, yuk simak selengkapnya!

Kandungan Gizi Penting yang Harus Ada di MPASI

Mpasi yang tidak boleh diberikan

Untuk memaksimalkan tumbuh kembang si kecil, makanan padat yang diberikan harus mengandung berbagai komponen yang dibutuhkannya. Tapi tentunya jangan asal memberikannya sembarangan bu, ini karena ada makanan pendamping yang tidak boleh diberikan. Nah, berikut ini kandungan nutrisi penting yang wajib ditemukan dalam MPASI Cilik.

Karbohidrat

Selain makanan pendamping yang sebaiknya tidak diberikan. Kabohidrat adalah makanan yang menjadi sumber energi utama si kecil. Ketika makanan yang merupakan sumber karbohidrat telah dicerna oleh tubuh, itu diubah menjadi energi. Sumber karbohidrat dapat ditemukan pada makanan pokk seperti nasi, singkong, jagung, kentang dan ubi. Jadi MPASI yang diberikan untuk si kecil tidak selalu harus nasi mams. Membuat menu MPASI akan membuat si kecil semakin berpengalaman dalam mengenal berbagai macam rasa.

Baca Juga: Little GTM? Kamu Wajib Coba Kreasi Menu MPASI Sehat Ini!

Protein

Protein adalah cadangan energi saat karbohidrat dibakar. Selain itu, protein sangat penting untuk pertumbuhan si kecil karena dapat membangun dan membentuk sel tubuh. Protein juga penting untuk perbaikan jaringan tubuh, oleh karena itu seseorang yang mengalami cedera disarankan untuk mengonsumsi protein. Ada dua jenis protein yaitu protein hewani dan nabati. Jenis makanan berprotein berikut ini bisa dijadikan makanan pendamping si kecil.

  • Protein hewani: daging sapi, ayam, telur, ikan, hati ayam, telur puyuh.
  • Protein nabati: kacang merah, tempe, kacang hijau, kacang hijau, tauge

Baca juga: Ini Ma, kunci dari makanan padat yang enak dan enak!

Lemak

Lemak adalah cadangan energi terakhir saat protein dibakar. Kandungan nutrisi makro ini memiliki manfaat membantu penyerapan berbagai vitamin seperti vitamin A, D, E, K dengan cepat. Bagaimana dengan vitamin B dan C? Keduanya merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga tidak membutuhkan bantuan lemak dalam penyerapannya. Sumber lemak pada makanan pendamping bisa Anda dapatkan dari minyak zaitun, mentega tawar, santan, margarin atau mentega. Salah satu jenis MP-ASI yang tidak boleh diberikan salah satunya yang berasal dari makanan berlemak bukan, Bu?

Vitamin

Kandungan nutrisi ini tentunya sangat penting untuk pemeliharaan tubuh si kecil, contohnya vitamin A sangat baik untuk mata. Anda bisa mendapatkan vitamin dari buah dan sayur. Jika menu utama MPASI tidak mengandung vitamin, Bunda bisa memberikannya sebagai snack pelengkap dengan bentuk penyajian yang sesuai dengan usia Si Kecil. Beri jenis buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin.

  • Buah: pepaya, mangga, apel
  • sayuran: brokoli, sawi, bayam, dan sebagainya.
Baca:  Ramai Soal Benur, Ketahui Manfaat Lobster untuk Anak

Nah, Bu juga tentunya tidak bisa sembarangan memberikan berbagai macam buah dan sayur. Hal ini karena perlu kita ingat ada jenis makanan MPASi yang tidak boleh diberikan.

Seng

Kandungan nutrisi ini berperan penting dalam memicu pembentukan sel darah putih, yang juga dikenal sebagai leukosit. Leukosit memiliki fungsi untuk melawan infeksi sehingga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seng banyak ditemukan pada unggas, seperti ayam.

Besi

Zat besi memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah atau eritrosit. Salah satu fungsi eritrosit adalah membantu pertukaran oksigen dengan karbondioksida selama proses pernapasan. Contoh makanan yang mengandung zinc adalah alpukat, brokoli, ikan, daging, ayam, dan bayam.

Kalsium

Kalsium sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi si kecil. Makanan yang mengandung kalsium dan bisa dijadikan makanan padat adalah kuning telur dan ikan.

Jenis makanan pendamping yang sebaiknya tidak diberikan

pemakan kecil

Meski bergizi, jenis makanan di bawah ini merupakan bahan pelengkap yang tidak boleh diberikan.

Susu sapi

Bunda bisa mengganti bahan susu dengan ASI atau susu formula pada menu MPASI. Susu sapi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bayi di bawah usia 12 bulan. Karena banyak resiko yang mungkin terjadi, salah satunya adalah iritasi pada perut bayi.

Madu

Meski dinilai memiliki sejuta manfaat, namun bahan makanan pendamping yang tidak boleh diberikan ini bisa diberikan kepada anak di atas 12 bulan. Karena madu mengandung spora dan kontaminan (salah satunya bakteri Clostridium botulinum) yang dapat menyebabkan infeksi pada bayi.

Putih telur

Putih telur tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia 12 bulan. Hal ini disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella yang dapat menginfeksi si kecil.

Kacang Utuh

Kacang merupakan bahan pelengkap yang tidak boleh diberikan jika disajikan utuh, karena bisa membuat Anda tersedak.

Baca Juga: 12 Resep Terbaik 6 Bulan Pertama MPASI Untuk Si Kecil

Dampak Pemberian Makanan Pendamping

Tidak hanya dari segi gizi dan tekstur MP-ASI, juga harus dilakukan tepat waktu, WHO menganjurkan agar MP-ASI diberikan kepada bayi pada usia mencapai 6 bulan. Beberapa kasus pemberian MPASI yang ceroboh dan efeknya.

Dampak MPASI dini (sebelum 6 bulan)

  • Diare dan sembelit, karena saluran pencernaan yang belum sempurna
  • Invaginasi atau intususepsi yang dapat menyebabkan kematian
  • Resiko alergi, karena antibodi belum terbentuk sempurna
  • Kegemukan

Dampak Makanan Pendamping Terlambat

  • Picky eater (seperti picky food)
  • Kenaikan berat badan lambat
  • Mengganggu perkembangan antibodi yang dapat menyebabkan leukemia

Itulah beberapa hal mengenai makanan bergizi yang tidak dianjurkan untuk bahan pelengkap. Ternyata banyak sekali dampak negatifnya, Bu. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memperhatikan makanan si Kecil. Apakah benar memberikan menu MPASI untuk Ibu Kecil? Jangan lupa hindari makanan pendamping yang tidak boleh diberikan bu.

Postingan Tak Ceroboh, Ini MAKANAN MPASI Yang Tak Bisa Diberikan muncul pertama kali di Mamapapa.id.