Tes Kehamilan dengan Gula? Memang bisa?

Tes Kehamilan dengan Gula ?

Hai Mampaps, pernah dengar tes kehamilan gula? Yups, akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar bahwa gula dapat digunakan sebagai tanda kehamilan Anda.

Sekilas alat tes kehamilan menggunakan gula ini memang sangat sederhana dan sangat mudah untuk Anda temukan di rumah. Tapi, apakah tes kehamilan gula ini akurat atau bisa dipercaya? Yuks Mampaps, kita akan bahas dulu….

Cara Menguji Kehamilan dengan Gula

Jika kita mengatakan tes kehamilan dengan gula. Tentunya di benak kita sangat mudah. Metode dan alatnya sangat sederhana. Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan, diantaranya:

  • Mangkuk kecil yang bersih untuk menampung gula
  • Gelas plastik kecil untuk menampung urine
  • Gula

Baca juga: Angka Kehamilan Meningkat, Ini 6 Paket Tes Terbaik Tahun 2020!

Setelah alat dan bahan ini siap Mampaps, caranya sangat sederhana, antara lain:

  • Siapkan / kumpulkan air seni Mama dalam gelas plastik kecil. Usahakan untuk menggunakan urine yang Anda pakai adalah urine pagi Anda, atau urine yang diambil saat Anda pertama kali buang air di pagi hari.
  • Taruh beberapa sendok gula ke dalam mangkuk kecil yang sudah disiapkan. Tidak ada ukuran pasti untuk gula ini.
  • Tuang urine sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk gula dengan menggunakan satu sendok makan. Pastikan gula terendam dalam air seni.
  • Tunggu beberapa menit untuk melihat hasilnya.
  • Positifnya, kalau Mama lihat gumpalan gula. Banyak orang yang percaya bila ada hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine, gula yang sudah bercampur urine tidak akan larut.
  • Negatif, jika gula larut dalam urin. Ini karena urine dari wanita tidak hamil bisa melarutkan gula.

Seberapa Akurat Tes Kehamilan Menggunakan Gula Darah

Tes kehamilan dengan gula

Mampaps, meski alat tes kehamilan ini terlihat sangat sederhana dan mudah untuk dicoba di rumah. Namun hingga saat ini belum ada uji ilmiah dan penelitian tentang tes kehamilan dengan gula ini. Begitu, Mampap harus hati-hati jika ingin memilih alat tes kehamilan.

Baca:  Studi: Pewarna Makanan Bisa Membunuh COVID-19 di Udara (Airborne)

Tes kehamilan jauh lebih akurat dan direkomendasikan oleh dokter hingga saat ini paket tes. Paket uji ini berfungsi untuk mendeteksi level hCG (hormon chorionic gonadotropin) dalam urin. Tingkat hCG ini akan meningkat tajam dua kali setiap dua atau tiga hari yang terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan.

Tes Kehamilan Gula Menurut Penelitian

Mampaps, hingga saat ini masih belum ada bukti dan penjelasan ilmiah mengapa dan bagaimana tes kehamilan dengan menggunakan gula bisa bekerja.

Baca juga: Rizky DA Minta Istri Tes DNA Saat Hamil, Aman, Ma?

Tes kehamilan gula ini tidak berdasarkan hasil penelitian yang jelas. Namun peneliti mengungkapkan bahwa kadar hCG (hormon chorionic gonadotropin) Membuat gula lebih sulit larut dalam urin dan akhirnya menyebabkan penggumpalan. Pernyataan ini memang tertulis dalam penelitian ilmiah.

Namun, belum ada penelitian langsung tentang gula yang digunakan sebagai indikator untuk menentukan kehamilan.

Begitu Mampaps, jika anda terlanjur telat haid dan ingin mengetahui tanda-tanda awal kehamilan ada baiknya mengetahui alat tes kehamilan yang sudah terbukti akurasinya. Mama bisa melakukan tes kehamilan dengan paket tes atau pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan darah.

Tes Kehamilan pasca dengan Gula? Bisakah kamu? muncul pertama kali di Mamapapa.id.